Selasa, 31 Juli 2012

Menjawab :Reinkarnasi dalam Islam ?

Bls: Reinkarnasi dalam Islam ?

@hidayahjati: saya senang sekali berdiskusi kpd anda yg berwawasan terbuka 
Quote:
Saya persilahkan Sahabat untuk membaca kitab/buku/artikel yang membahas mengenai Tanasukh dalam Islam
saya sudah membaca2 dan mempersiapkan artikel ini dari tadi malam  maafkan saya jika terlalu panjang 

Quote:
Surat an-Naml ayat 83, Allah SWT berfirman; " Dan dan pada hari itu kami bangkitkan dari tiap-tiap umat, segolongan orang yang mendustakan ayat Kami, lalu mereka di bentuk menjadi beberapa kelompok". Ayat ini dengan jelas bahwa Allah akan membangkitkan sebagian umat manusia di suatu hari kelak . 
Kalau kita tafsirkan, bahwa kejadian ini terjadi setelah hari Kiamat. Maka penafsiran ini sangat tidak sesuai dengan urutan ayat yang ada di Surat ini. Karena ayat sebelumnya -sebagaimana yang telah disepakati oleh seluruh Mufassir- berkenaan akan kejadian sebelum hari Kiamat. Sedangkan ayat yang mengabarkan akan kejadian-kejadian dihari kiamat saja, terdapat di ayat 87 dan 88 dari surat ini. Dan yang menerangkan akan kejadian-kejadian setelah Kiamat, terdapat di ayat 89 dan 90 .
Saya berani menjelaskan suatu ayat jika sesuai yang di jelaskan para ulama mufassir, mereka lebih paham dari saya tentang makna2 alquran dan mereka jelas lebih berkompeten di bidangnya. berikut kutipan asli dari tafsir ibnu katsir ttg ayat diatas

يقول تعالى مخبراً عن يوم القيامة و�*شر الظالمين من المكذبين بآيات الله ورسله إلى بين يدي الله عز وجل؛ ليسألهم عما فعلوه في الدار الدنيا؛

Artinya: Allah berfirman member kabar tentang hari kiamat dan mengumpulkan orang orang dholim yang telah mendustakan Ayat2 Allah dan rasulnya di hadapan Allah SWT, untuk ditanyakan kepada mereka apa saja yang telah diperbuatnya di dunia (tafsir ibnu katsir annahl ayat 83)

Nah, pertanyaan saya, sesuai tulisanmu yg bercetak tebal,dimanakah saya bisa mendapatkan tafsir 2 seperti ayat2 yang anda sebutkan diatas yang menunjukkan adanya teori reinkarnasi? (Surat Al Maa’idah 5:60, Al Baqarah 2:65/56, an-Naml: 83)

Misalnya: annaml ayat 83, siapa yang menafsirkan “hari itu” adalah bukan hari kiamat? karena hampir semua tafsir yang saya baca menyatakan bahwa “hari itu” adalah hari kiamat, mungkin saya belum membaca kitab tafsir yang anda baca, jika ada mufassir yang berkata “hari itu” bukan hari kiamat, beri tahu saya siapa ulama mufassir tersebut dan apa judul bukunya.Insya Allah saya recheck (tp bukan tafsir dosen IAIN lho) 

Quote:
Dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi, Al-Mubarokafuri Abul’ala w 1353H, 10 juz, Darul Kutub Ilmiyyah, Beirut, tt., juz 5, h 222:
Ketahuilah, tanasukh/reinkarnasi adalah kembalinya roh-roh ke badan-badan di dunia ini tidak di akherat karena mereka mengingkari akherat, surga dan neraka, maka karena itu mereka kafir. Titik. [Al-Mubarokafuri, penulis Tuhfatul Ahwadzi, Syarah Kitab Hadits Jami’ at-Tirmidzi]
Justru dari kitab inilah menerangkan bahwa paham reinkarnasi tersebut adalah batil (copy paste setengah2 bisa menimbulkan makna yg lain, lihat versi lengkapnya)

Sudah saya recheck ke buku tersebut, saya kutipkan teks aslinya beserta terjemah per kata

arti lengkapnya:
ketahuilah bahwa tanasukh itu adalah kembalinya ruh2 ke dalam jasad2 di dunia ini, karena mereka mengingkari akhirat, surga dan neraka,berarti mereka telah kufur.titik.saya (penulis buku) menyatakan kebatilan tanasukh dengan dalil dalil yang banyak dan jelas di alquran dan assunnah diantaranya :

"(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: “Ya Tuhankukembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkan saja. Dan dihadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan (QS AL-Mukminun: 99-100).

simak cerita lengkapnya pada firman Allah ini (As sajdah 10-15)
Dan mereka berkata: "Apakah bila kami telah lenyap (hancur) di dalam tanah, kami benar-benar akan berada dalam ciptaan yang baru?. Bahkan (sebenarnya) mereka ingkar akan menemui Tuhannya.

Katakanlah: "Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa) mu akan mematikan kamu; kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan.

Dan (alangkah ngerinya), jika sekiranya kamu melihat ketika orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya, (mereka berkata): "Ya Tuhan kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami (ke dunia), kami akan mengerjakan amal saleh, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang yakin".

Dan kalau Kami menghendaki niscaya Kami akan berikan kepada tiap-tiap jiwa petunjuk (bagi) nya,akan tetapi telah tetaplah perkataan (ketetapan) daripadaku; "Sesungguhnya akan aku penuhi neraka jahannam itu dengan jin dan manusia bersama-sama.

Maka rasailah olehmu (siksa ini) disebabkan kamu melupakan akan pertemuan dengan harimu ini (HariKiamat); sesungguhnya Kami telah melupakan kamu (pula) dan rasakanlah siksa yang kekal, disebabkan apa yang selalu kamu kerjakan"

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, adalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat (Kami), mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhannya, sedang mereka tidak menyombongkan diri.

Jawaban Allah dalam AL-Mukminun: 99-100 sudah sangat jelas : Sekali kali tidak (arab:kallaa) gak ada sekali pun apalagi dua kali atau tiga kali. (kecuali anda menemukan ada makna lain dari kallaa  )

Wallahu a’lam bishowab
http://indonesiaindonesia.com/f/86833-reinkarnasi-islam/index2.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar